Gejala COVID-19 yang Perlu Diwaspadai: Batuk, Demam, dan Sesak Nafas


COVID-19 memang masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Gejala COVID-19 yang perlu diwaspadai antara lain adalah batuk, demam, dan sesak nafas. Menurut para ahli kesehatan, gejala ini tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera mendapatkan perhatian medis.

Batuk merupakan salah satu gejala utama COVID-19 yang perlu diwaspadai. Menurut dr. Tirta Mandira Hudhi, batuk yang terus-menerus dan tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda adanya infeksi virus corona. “Jika batuk tidak kunjung reda dalam waktu beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat,” ujarnya.

Selain batuk, demam juga merupakan gejala yang sering muncul pada penderita COVID-19. Menurut Prof. dr. Amin Soebandrio, M.S., Ph.D., demam yang disertai dengan rasa tidak enak badan dan kelelahan merupakan tanda-tanda awal infeksi virus corona. “Jika demam tidak kunjung turun setelah minum obat penurun panas, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,” tambahnya.

Sesak nafas juga merupakan gejala yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda komplikasi serius akibat COVID-19. Menurut dr. Nadia Paramitha, M.Med.Ed., sesak nafas yang tidak kunjung membaik bisa menjadi indikasi adanya gangguan pada paru-paru akibat infeksi virus corona. “Jangan menunda-nunda untuk mencari pertolongan medis jika mengalami sesak nafas yang parah,” tegasnya.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap gejala-gejala COVID-19, terutama batuk, demam, dan sesak nafas. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala tersebut, karena tindakan cepat dapat mencegah penyebaran virus corona yang semakin luas. Semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari COVID-19.