Inilah Variasi Gejala Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui


Inilah Variasi Gejala Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui

Halo pembaca setia, kali ini kita akan membahas mengenai varian gejala Covid-19 yang perlu Anda ketahui. Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, banyak orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, terdapat beberapa varian gejala yang perlu diwaspadai.

Pertama, gejala umum Covid-19 yang sering muncul adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, “Gejala ini biasanya muncul dalam waktu 2-14 hari setelah terpapar virus. Jika Anda mengalami gejala ini, segera melakukan isolasi mandiri dan hubungi petugas kesehatan terdekat.”

Selain gejala umum, terdapat juga varian gejala lain yang perlu diwaspadai, seperti hilangnya indera penciuman, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas. Menurut Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, pakar kesehatan masyarakat, “Gejala-gejala ini perlu diwaspadai karena dapat menandakan infeksi paru-paru yang serius.”

Selanjutnya, gejala Covid-19 juga bisa muncul dalam bentuk diare, mual, dan gangguan pencernaan lainnya. Prof. Dr. dr. Erlina Burhan, SpPD-KPTI, menambahkan, “Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera lakukan pemeriksaan dan isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran virus.”

Tak hanya itu, ada juga varian gejala Covid-19 yang tidak khas, seperti nyeri otot, sakit kepala, dan kebingungan. Menurut dr. Nadia Wulandari, ahli penyakit dalam, “Gejala-gejala ini seringkali diabaikan, namun bisa menjadi tanda awal infeksi Covid-19. Penting untuk tetap waspada dan melakukan pemeriksaan jika mengalami gejala tersebut.”

Dengan demikian, penting bagi kita untuk memahami berbagai varian gejala Covid-19 yang perlu diwaspadai. Selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua. Tetap sehat dan waspada!